informasi berita layaknya sebuah koran yang ada di batam

Semarakan MTQ Nasional di Batam, Tampilkan Berbagai Tarian Melayu

Pemantapan Terus Dijalankan

BATAM HARI INI - Persiapan dan pemantapan terus dilakukan oleh Panitia Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) xxv tingkat Nasional di Batam. Selain persiapan sarana, pemantapan bidang lain juga terus dilakukan. Salah satunya adalah tarian yang akan dibawakan pada saat pembukaan dan penutupan MTQ nanti.
Diketahui, ratusan pelajar Kepri akan menyemarakan acara dengan membawakan tarian yang bertemakan sejarah perkembangan Islam. Saat ini seluruh penari tengah melakukan latihan secara terpisah.

"Namun, pada H-30 pelaksanaan MTQ Nasional, panitia akan menggelar latihan bersama yang akan digelar di Dataran Engku Putri Batam. Semua penari baik yang berlatih di Batam dan di Tanjungpinang ini akan disatukan latihannya dalam satu tempat. Tujuannya guna menyerasikan dan menyelaraskan gerakan tari di lapangan," jelas Buralimar, Panitia MTQ Nasional kepada Haluan Kepri.

Ditegaskan Buralimar yang juga Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa (BPMD) Kepri, persiapan untuk tarian pembukaan dan tarian kreasi, saat ini sudah tahap pemantapan dan akan terus dilakukan hingga menjelang hari H-nya.

"Hal ini akan terus dilakukan demi menghasilkan persembahan tarian yang sempurna pada saat pembukaan dan penutupan MTQ Nasional," ujarnya memberi penegasan.

Saat latihan bersama nanti, lanjut Buralimar, direncanakan akan disaksikan langsung oleh Gubernur Kepri HM Sani dan Wakil Gubernur Kepri, Soerya Respationo. Namun kapan kepastiannya jadwalnya, masih menunggu waktu luang gubernur dan wakil gubernur.

"Dengan disaksikannya langsung oleh Gubernur dan Wakil Gubernur Kepri, tentu diharapkan ada masukan dan tambahan guna penyempurnaan tarian. Selama ini latihan tarian di Kota Batam dilaksanakan di Tumenggung Abdul Jamal, sedangkan di Tanjungpinang dilakukan di Kantor Gubernur Lama di jalan Basuki Rahmat," paparnya lagi.

Seperti yang diberitakan sebelumnya, tarian persembahan pembukaan MTQ nanti akan dibawakan oleh sebanyak 175 pelajar Kepri. Sedangkan untuk tarian pembuka dan penutupan akan dibawakan 350 penari dari pelajar Batam dan Tanjungpinang. 

"Lebih dari tiga bulan ini, 350 penari yang terdiri dari pelajar telah dilatih di dua tempat yang berbeda, yakni di Kota Batam dan di Kota Tanjungpinang. Koreografer tari Raja Elfirainda, Dosen Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta," jelasnya lagi.

"Nantinya, para penari persembahan akan mengenakan berbagai macam pakaian adat Melayu yang disesuaikan dengan MTQ. Intinya panitia berusaha akan menampilkan sebaik dan sebagus mungkin untuk kesuksesan acara akbar dua tahunan ini," pungkasnya.

Sebelumnya juga telah diberitakan, penyelengraan MTQ XXV tingkat Nasional yang akan digelar di Batam, Kepri ini, menarik perhatian tim dari Institut Seni Indonesia (ISI) Yogjakarta. Tim ini nantinya akan ikut menampilkan kreasi dalam pagelaran seni di acara tersebut.



@



0 komentar:

Posting Komentar - Kembali ke Konten

Semarakan MTQ Nasional di Batam, Tampilkan Berbagai Tarian Melayu