informasi berita layaknya sebuah koran yang ada di batam

Siswa Rusia Belajar Di SMAN 1 Batam

Guru dan Pelajar Sangat Menyenangkan

BATAM HARI INI -Svetlana Pekarskikh merupakan pelajar asal Rusia yang menimba ilmu di SMAN 1 Batam.

Kehadiran Svetlana di SMAN 1 Batam, merupakan hasil dari pertukaran pelajar Rusia-Indonesia. Sela-sela istirahat, Svetlana menuturkan bahwa guru dan pelajar SMAN 1 Batam  cukup menyenangkan ramah dan sopan. Ia juga mengakui kalau pelajar di SMAN 1 Batam pintar-pintar dan persaingannya cukup ketat.

Sementara perbedaan sekolah di Rusia jangka waktu dicapai dari SD hingga SMA hanya 11 tahun. Namun di Indonesia kata Svetlana bisa 12 tahunan. Begitu pula dari sisi waktu istirahat belajar, di Rusia hanya 10 menit, namun di Indonesia istirahat belajarnya bisa setengah jam. Sama halnya dengan pakaian para pelajar,  di Rusia itu tidak diwajibkan namun di Indonesia merupakan keharusan. "Yang terpenting di Rusia itu rapih tidak mesti harus pakai seragam," ujar Svetlana dengan logat bahasa Indonesia yang kaku. 

Svetlana di SMAN 1 Batam lebih banyak menimba ilmu akan kultur dan budaya serta seni. Disamping itu juga, lebih mempererat persahabatan pelajar antara negara. "Sebelum di Batam, saya juga belajar di SMAN 1 Padang. Cukup mengasikan," katanya.

Waka Humas SMAN 1 Batam, Marzeli Awal saat mendampingi Svetlana mengatakan bahwa pertukaran pelajar ini cukup bagus dalam rangka tukar informasi pengetahuan antar negara, serta menjalin persahabatan diantara pelajar. Bahkan untuk program pertukaran pelajar ini, SMAN 1 Batam akan mengirimkan dua orang siswa ke Amerika pada bulan Juli mendatang. "Satu orang sudah belajar di Amerika sejak Juni 2013 lalu," katanya.

Seleksi pelajar yang akan ikut program pertukaran pelajar ini cukup ketat, yakni mulai dari pengetahuan dan penguasaan bahasa, serta soal prestasi akademik. "Kalau tak salah SMAN 1 sudah sejak 5 tahun lalu telah mengirim pelajar Amerika dan Jepang ini. Bahkan hasil yang siswa peroleh menimba ilmu disana cukup bagus bisa mencontoh pola pendidikan di negara maju," jelasnya. (hk/men)



@



0 komentar:

Posting Komentar - Kembali ke Konten

Siswa Rusia Belajar Di SMAN 1 Batam