informasi berita layaknya sebuah koran yang ada di batam

BATAM MASUK NOMINASI NASIONAL

BATAM HARI INI Untuk ketiga kalinya Batam mewakili Provinsi Kepulauan Riau kembali terpilih sebagai salah satu nominator juara tingkat nasional bersama enam kota lainnya se Indonesia pada lomba-lomba yang digelar dalam rangka Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat ke- XI dan Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK ke- 42 tahun 2014. 
Sebagaimana tahun sebelumnya, kali ini Batam juga masuk menjadi nominator tingkat nasional di dua katagori lomba. Posyandu Mawar X RW. IV Kampung Belimbing kelurahan Bengkong Sadai kecamatan Bengkong Kota Batam sebagai nominasi pada lomba Keluarga Berencana (KB) Kesehatan (Kes) PKK katagori kota bersama lima kota lainnya se Indonesia, yakni Yogyakarta, Bandung, Tegal, Makassar dan Pariaman. 

Selanjutnya dalam lomba  Pemanfaatan Hasil Tanaman Obat Keluarga (Toga) katagori kota, Batam melalui PKK Tembesi Tower kelurahan Tembesi kecamatan Sagulung juga berhasil menjadi tiga besar nasional bersama dua kota lainnya, yakni kota Metro dan kota Jambi.

Tim penilai Pusat untuk lomba KB Kes PKK yang diketuai Ny. Susi Subekti saat melakukan peninjauan sekaligus penilaian ke Posyandu Mawar pada Jumat (14/3) menyampaikan salam dan  rasa bangga ketua umum TP PKK, Ny. Vita Gamawan Fauzi, karena kali ini Kepri khususnya Batam kembali muncul ketingkat nasional.

Kata Ny. Susi, apa yang dicapai saat ini adalah hasil dari kerja keras semua pihak.Masyarakat mau melaksanakan kegiatan dan program yang diinginkan sebaliknya pimpinan juga ngemong atau membina masyarakatnya. 

Dijelaskannya, tujuan kehadirannya bersama tim adalah untuk mencari informasi-informasi yang belum sempat disampaikan atau diketahui tim penilai. Sementara Tim Penilai lomba Pemanfaatan Toga yang diketuai Ny. Ratna Farida memberikan apresiasi atas prestasi yang diraih PKK Kota Batam sehingga berhasil masuk dalam tiga nominator pemanfaatan hasil Toga. 

“ Penilaian yang dilakukan terkait apakah seluruh warga kelurahan aktif dalam penanaman Toga atau hanya satu RW, berapa jenis tanaman obat yang ditanam, berapa KK yang memanfaatkan tanaman obat tersebut,” jelas Ny. Ratna.

Lomba tersebut  merupakan lomba ke empat kalinya digelar sejak Kementerian Kesehatan memiliki direktorat Kesehatan Tradisional.  Dikatakannya, prestasi tersebut dapat diraih berkat kerja keras seluruh masyarakat Tembesi atas bimbingan TP PKK kelurahan sampai dengan TP PKK Kota secara berjenjang dan Pemko Batam. 

Masih kata Ny. Ratna, Toga merupakan warisan nenek moyang bangsa Indonesia yang harus dilestarikan. Selain itu, Toga sebagai upaya pertolongan pertama untuk keluarga saat sakit.  

Ketua TP PKK Kota Batam, Ny. Mariana Ahmad Dahlan mengawali sambutannya dengan ucapan selamat datang kepada tim penilai pusat. Ia berharap dalam lomba kali ini  Batam bisa mendapatkan Pakarti Utama I. Dijelaskan Ny. Mariana, dalam mengikuti lomba ini, pihaknya bersama TP PKK Provinsi telah melakukan sejumlah persiapan agar bisa tampil menjadi yang terbaik di tingkat nasional.

“Dari mulai monitoring dan pembinaan langsung ke lapangan sampai dengan koordinasi dengan pihak-pihak terkait sudah kita lakukan,” ucap Ny. Mariana.

Namun bukan juara yang menjadi tujuan utama, tambahnya. Apapun hasilnya nanti, yang  terpenting adalah adanya kesadaran dan wujud pemberdayaan dan partisipasi seluruh lapisan masyarakat dalam bidang kesehatan dan bidang-bidang lainnya dalam menggerakkan pembangunan, imbuh Ny. Mariana.

“Terima kasih atas kerja keras semua pihak sehingga bisa menghantarkan Batam menjadi nominator ditingkat nasional,” pungkasnya.

Sekedar mengingatkan, Pada tahun 2012 lalu  dalam rangka lomba-lomba BBGRM ke IX dan HKG PKK ke- 40, PKK kota Batam berhasil mendapatkan Pakarti Madya I sebagai pelaksana terbaik lomba Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K) dan Pakarti Utama II sebagai pelaksana terbaik lomba Pemanfaatan Hasil Toga.  Selanjutnya pada tahun 2013 lalu, PKK kota Batam juga menerima Pakarti Madya I kategori Kota atas kemenangannya sebagai pelaksana terbaik Pemanfaatan Hasil Tanaman Obat Keluarga (Toga).

Ketua panitia lomba KB Kes PKK sekaligus lurah Sadai, Alim Ridwan memaparkan kegiatan PKK yang rutin digelar dikelurahannya bersama pihak terkait yakni pelayanan KB gratis, pemeriksaan pap smear gratis, kegiatan Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Sejahtera (UPPKS), kegiatan Pusat Informasi dan Konseling Kesehatan Reproduksi Remaja (PIK KRR) serta kegiatan Tri bina, Bina Keluarga Balita (BKB), Bina Keluarga Remaja (BKR) dan Bina Keluarga Lansia (BKL). (r)



@



0 komentar:

Posting Komentar - Kembali ke Konten

BATAM MASUK NOMINASI NASIONAL