informasi berita layaknya sebuah koran yang ada di batam

Menyimak Polemik Kapal MV Eagle Prestige di Batam

Kapal Eagle Prestige Batam
BATAM HARI INI-Kepala Bidang Syahbandar Kantor Pelabuhan Batam, Jon Kenedi menegaskan bahwa surat pembelian (bill of sale) atas kapal MV Eagle Prestige yang dijadikan sebagai dokumen awal kapal untuk labuh jangkar di Perairan sekitar Pulau Janda Berhias tidak mencantumkan nama pemilik.
"Dokumen yang kita (Syahbandar-red) terima ketika kapal ini labuh jangkar, PT Diamond Marine Internasional (DMI) hanya memberi bill of sale. Dalam surat itu, tidak ada mencantumkan nama siapapun," ujar Jon kepada wartawan di ruang rapat Kantor Pelabuhan Batam, Batuampar tanpa memperlihatkan surat yang dimaksud tersebut.

Karena tidak ada yang dicantumkan dalam bill of sale itu, katanya, ia meminta kepada pihak yang membeli kapal itu untuk mencantumkan nama pemilik terhadap kapal tersebut. Hal ini dilakukan agar tidak ada kesalahpahaman dan keributan di belakang hari.

"Harusnya setelah dibeli kapal ini, diganti kepemilikannya," ujarnya menjelaskan.

Lebih jauh dia menjelaskan, dari data yang masuk di Kantor Pelabuhan hanya ada satu dokumen yang masuk. Adapun pemilik kapal ini adalah PT Bina Bahari Makmur (BBM). "Dokumen asli sebagai pemilik kapal sudah kita pegang. Sekarang lagi di Sekupang," ujarnya tanpa menjelaskan secara rinci keberadaan dokumen itu.

Sementara itu, PT Masa Batam mengaku kecewa dengan pernyataan Kabid Syahbandar Kantor Pelabuhan Batam, Jon Kenedi. Pasalnya, bill of sale yang menjadi acuan untuk labuh jangkar di perairan Pulau Janda Berhias, Sekupang sudah sangat jelas dicantumkan nama pembeli dari lelang di Singapura 2009 lalu.

"Dalam satu lembar surat bill of sale itu, ada tiga nama PT Masa Batam yang tercantum dalam surat tersebut. Jadi kita tidak mengerti maksudnya," ujar Kuasa Hukum PT Masa Batam sembari menunjukkan selembar surat bill of sale itu kepada Haluan Kepri. (Haluan Kepri / doz)



@



0 komentar:

Posting Komentar - Kembali ke Konten

Menyimak Polemik Kapal MV Eagle Prestige di Batam