informasi berita layaknya sebuah koran yang ada di batam

PEMKO BATAM BAKAL REHAB RATUSAN RUMAH TIDAK LAYAK HUNI

Walikota Batam "Ahmad Dahlan"
BATAM HARI ESOK - Tahun 2014 ini, Dinas Sosial (Dinsos) Kota Batam akan merehab 816 rumah tidak layak huni (RTLH) yang tersebar di sejumlah Kota Batam. Masing-masing rumah mendapatkan Rp20 juta dalam bentuk metarial bangunan. 
Demikian dikatakan Kepala Dinsos Kota Batam Raja Kamalruzaman usai silaturahmi dan sosialisasi calon penerimaan bantuan rehabilitasi RTLH se-Kota Batam tahun 2014 di aula Asrama Haji Batam Centre, Rabu (19/3). 

Ia menyebutkan rehab rumah tak layak huni akan dilakukan di seluruh Kota Batam, baik di kawasan hinterland maupun mainland. RTLH akan dilakukan di 34 kelurahan se-Kota Batam.

" Tahun 2014 ini, ada sebanyak 816 rumah tidak layak huni yang akan direhab. Sedangan untuk anggaran sama seperti tahun 2013 lalu yakni Rp20 juta per rumah, " kata dia.

Menurut Kamalruzaman, dana Rp20 juta per rumah itu nantinya tidak diberikan dalam bentuk uang tunai melainkan dalam bentuk material bangunan yang dibutuhkan saat rehab rumah. 

Dalam pelaksanannya, ada beberapa mekanisme yang akan dilalui. Misalnya, membentuk kelompok dan ada koordinator lapangan (Korlap). Nantinya, kelompok tersebut akan menunjuk salah satu toko bangunan.

" Kalau sudah ada toko bangunannya, maka yang akan menjamin pembayaran kami (Dinsos). Jika sudah ada kerjasama dengan toko bangunan, maka toko tersebut wajib mengantarkan barang-barangnya sampai ke rumah masing-masing, " tuturnya.

Ia mempersilahkan masyarakat yang menerima bantuan RTLH untuk memilih spek material yang diinginkan sepanjang harganya sesuai dengan anggaran. Artinya, penerima bantuan RTLH yang memilik uang lebih boleh menambahkan jika ingin spek yang lebih bagus.  " Memang nantinya ada tukangnya, tapi pembayarannya diluar anggaran itu, "ucapnya.

Mereka yang menerima bantuan RTLH, menurut Kamalruzaman, ditentukan berdasarkan usulan yang masuk ke Dinsos Kota Batam. Nantinya, pihak Dinsos akan turun melihat kebenaran usulan itu.  

Menurut Kamalruzaman, bagi masyarakat yang berhak mendapatkan bantuan ini, dilihat dari 3 kategori yakni dasar lantainya, dinding dan atap. " Selain 3 kategori tersebut, mereka juga harus punya KTP Batam, "ucapnya.

Dikatakan dia, warga yang mendapatkan bantuan RTLH ini, sebanyak 3000 rumah. Dari jumlah tersebut, 2340 rumah sudah direhab, tinggal sisanya sekitar 660 rumah.

" Target kami, selesai masa jabatan Pak Ahmad Dahlan sebagai Walikota 3000 rumah yang direhab telah tuntas. Namun, bisa saja jumlahnya lebih dari data tersebut, "pungkasnya. (hk/byu)



@



0 komentar:

Posting Komentar - Kembali ke Konten

PEMKO BATAM BAKAL REHAB RATUSAN RUMAH TIDAK LAYAK HUNI