informasi berita layaknya sebuah koran yang ada di batam

SIAP HADAPI AFTA 2015, BATAM GELAR SEMINAR

BATAM NANTI  - Pemerintah Kota (Pemko) Batam akan menggelar seminar menyongsong ASEAN Free Trade Agreement (AFTA) 2015 mendatang pada tanggal 22 Maret 2014 di Hotel Novotel. 
Hal itu dikatakan Walikota Batam Ahmad Dahlan yang ditemui di lantai IV gedung Pemko Batam, Senin (17/3).

Dahlan menuturkan, seminar tersebut bertujuan untuk mensosialisasikan kepada masyarakat Batam, khususnya pengusaha, baik pengusaha besar maupun pengusaha kecil.

Bertindak sebagai narasumber dalam seminar itu Sekertaris Jenderal (Sekjen) Kementrian Tenaga Kerja Wahab Bangkonan, pengamat ekonomi, akedemisi, dan Walikota Batam Ahmad Dahlan.

Dahlan menyebutkan, seminar tersebut nantinya memaparkan bagaimana persiapan Indonesia khususnya Kota Batam menghadapi AFTA 2015 mendatang. Tujuannya, agar masyarakat Batam tidak menjadi penonton di negeri sendiri.

" Kekhawatiran kita nantinya, apabila tidak bisa bersaing, maka akan menjadi penonton di negeri sendiri, karena para pencari kerja, tidak lagi bersaing dengan orang Indonesia, tetapi kita akan bersaing dengan orang-orang luar negeri. Untuk itu, kita harus bisa meningkatkan lagi kompetensi dan kemampuan kita, "harap Dahlan.

Menurut Dahlan, jika Indonesia tidak menjalan AFTA 2015 mendatang, maka negara ini akan diisolasi oleh negara-negara luar. Misalnya, tidak ada impor barang-barang eletronik karena sudah diblokir.

" Kalau kita tidak menjalankan AFTA ini, maka negara kita akan diisolasi oleh negara -negara yang tergabung dalam ASEAN. Nantinya tidak ada lagi barang-barang eletronik yang masuk ke sini, "pungkasnya.

Untuk persiapan menyambut AFTA 2015 mendatang, Pemko Batam akan memperbanyak sekolah kejuruan sejak dini. Ini agar generasi penerus Kota Batam bisa bersaing dengan tenaga kerja dari luar saat AFTA nanti. 

" Selama ini pembangunan sekolah tingkat SMA itu sama pembangunannya dengan SMK, tetapi kedepannya, saya mengharapkan pembangunan sekolah kejuruan harus lebih banyak dari sekolah SMA, "tuturnya.

Tidak hanya itu, lanjut Dahlan, Kementrian Tenaga Kerja, juga sudah mempersiapkan anggaran untuk Balai Latihan Kerja (BLK) di Batu Aji. 

" Rencananya tahun 2015 kira akan membangun di Pulau Stokok. Selain itu juga, saya mengharapkan agar kursus-kursus ataupun tempat pelatihan di perbanyak, agar masyarakat Batam bisa mendapatkan skil yang bermanfaat, "pungkasnya. (Haluan Kepri / byu)



@



0 komentar:

Posting Komentar - Kembali ke Konten

SIAP HADAPI AFTA 2015, BATAM GELAR SEMINAR