informasi berita layaknya sebuah koran yang ada di batam

Menengok Aktivitas Rekor Lemang Terbanyak dan Lomba Masak Rendang di Batam

BATAM HARI INI -- Perkumpulan Bundo Kanduang Batam akan memecahkan Museum Rekor Dunia Indonesia (Muri) untuk membuat lemang terbanyak berlokasi di parkiran Kepri Mall, Batam Center, Minggu (23/3). Kegiatan itu akan dihelat bersamaan dengan lomba masak daging rendang dengan peserta umum dari seluruh Kepri.

”Targetnya kita bisa pecahkan rekor dengan membuat 3.500 lemang,” ujar Betty Asmeri, Ketua Bundo Kanduang Kota Batam, Jumat (28/2) lalu.

Pemecahan rekor tersebut, kata dia, akan dilakukan oleh anggota Bundo Kanduang dengan mengerahkan sekitar 800 hingga 1.000 orang. Diperkirakan, lemang-lemang itu akan menghabiskan 2.500 kilogram beras ketan dan 2.000 kilogram santan kelapa.

”Dua kilogram beras bisa dijadikan tiga lemang,” katanya.

Pembuatan lemang ini, sambung dia, ditujukan untuk melestarikan salah satu kuliner dari daerah Sumatera Barat. Lemang merupakan makanan dari beras ketan yang dimasak dalam seruas bambu dan digulung dengan selembar daun pisang. Proses memasaknya, beras ketan dicampur santan kemudian dimasukkan ke ruas bambu yang dilapisi daun masak kemudian dibakar.

Sedangkan untuk lomba memasak rendang, terbuka untuk masyarakat umum dan bisa diikuti per kelompok yang terdiri dari tiga orang.

Menurut Elmawati, Ketua Panitia Acara, nantinya para peserta lomba hanya perlu membawa peralatan untuk memasak. ”Seperti kontes Master Chef, bahan masakan nanti sudah disiapkan oleh panitia,” ujarnya.

Jurinya akan didatangkan langsung dari Kerajaan Pagaruyung, Sumatera Barat. Tersedia hadiah uang tunai jutaan rupiah dan juga trofi. Panitia membatasi pendaftar dengan kuota.

”Pendaftaran peserta hanya dibatasi untuk 100 kelompok,” kata dia. Pendaftaran bisa menghubungi 085265095550 atau 085364319215. Acara yang didukung oleh Pemrov Kepri itu juga akan dimeriahkan oleh fashion show dan kesenian khas Minang. (BP/rna)



@



0 komentar:

Posting Komentar - Kembali ke Konten

Menengok Aktivitas Rekor Lemang Terbanyak dan Lomba Masak Rendang di Batam