informasi berita layaknya sebuah koran yang ada di batam

MTQ XXV TERUS BERBENAH, ZONA PARKIR PUN DIPERLUAS

Astaka MTQ Batam
MTQ XXV tingkat Nasional di Batam

BATAM HARI INI - Panitia Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) XXV tingkat Nasional di Batam Kepuluan Riau (Keri) sangat serius terhadap perparkiran di seputar lokasi pelaksanaan MTQ.

Demi kelancaran, ketertiban, serta kenyamanan pengunjung dan peserta, panitia MTQ telah menyiapkan dari 6 zona menjadi 11 zona perparkiran.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Kepri, Muramis, selaku yang bertanggungjawab terkait hal ini mengatakan, panitia telah menyusun sejumlah lokasi yang akan digunakan untuk parkir kendaraan pengunjung termasuk untuk kendaraan para peserta dari 34 provinsi yang mengikuti MTQ Nasional ini. 

"Ada 11 zona untuk lokasi parkir. Dalam waktu dekati akan dimatangkan lagi mengenai pengaturannya. Hal ini bertujuan agar arus kendaraan yang akan masuk dan keluar di arena MTQ Nasional dapat lancar," jelasnya. 

Muramis menerangkan, lokasi yang akan dijadikan parkir tersebut diantaranya adalah, bekas bangunan Barata, Yong Kee Seafood, Fanindo, Sumatera Ekspo, Mega Mall. Selain itu, nantinya di halaman DPRD Batam, Kantor Walikota dan depan Asrama Haji Batam, dan lokasi parkir yang diminta dari BP Batam. "Semua lokasi parkir tersebut tidak jauh dari tempat kegiatan MTQ." 

"Dari perhitungan kita, ada 11 zona parkir yang mampu menampung sekitar 3.940 kendaraan roda empat dan roda dua. Setiap tempat parkir akan dijaga petugas. Hal itu dilakukan guna memberikan rasa nyaman kepada pengunjung," tambah Muramis. 

Dijelaskannya, zona parkir untuk tamu undangan khusus, saat ini belum difinalkan zona mana yang akan digunakan. Termasuk tempat menginap Presiden dan rombongan para Menteri. 

"Hal itu akan dibahas lebih lanjut bersama Gubernur dan Wakil Gubernur. Tetapi kemungkinan di sekitar lokasi pelaksanaan MTQ. Kedua lokasi perparkiran dan penginapan Presiden ini juga masih belum final. Sementara hotel tempat penigapan Presidren, panitia memang telah menunjuk tiga hotel," jelasnya. 

Sebelumnya juga hal ini pernah ditegaskan oleh Ketua Pelaksana MTQ XXV tingkat Nasional yang juga Wakil Gubernur Kepri, Soerya Respationo, bahwa untuk perparkiran dan akses kelur masuk kendaraan ini perlu persiapan yang matang. Sehingga tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. 

"Panitia dan Dishub serta intansi terkait lainnya telah merumuskan hal ini, dan mudah-mudahan semua akan berjalan lancar. Terutama saat kedatangan Presiden RI dan juga saat akan memasuki arena MTQ Nasional tentunya. Ini juga merupakan hal penting dalam penyelenggaraan akbar ini," jelas Soerya.

Lebih lanjut Soerya menjelaskan, perhelatan MTQ Nasional juga akan disejalankan dengan Pekan Produk Kreatif Indonesia (PPKI). Sehingga diprediksi, ribuan masyarakat Kepri dari berbagai daerah yang akan datang memadati Kota Batam.

"Bahkan nantinya bukan hanya masyarakat Kepri saja yang hadir, tetapi masyarakat di luar Kepri akan datang menyaksikan perhelatan akbar ini. Sehingga, penataan parkir menjadi perhatian serius pihak panitia," pungkasnya.(hk/sut)



@



0 komentar:

Posting Komentar - Kembali ke Konten

MTQ XXV TERUS BERBENAH, ZONA PARKIR PUN DIPERLUAS