informasi berita layaknya sebuah koran yang ada di batam

Sepanjang 27,49 KM Jalan Di Batam Rusak

BATAM HARI INI - Sepanjang 27,49 kilometer dari 1.089 ruas jalan di Kota Batam dalam keadaan rusak. Kondisi jalan yang rusak parah tercatat sepanjang 5,65 kilometer.
"Panjang juga jalan yang rusak sekarang ini di Kota Batam," kata Walikota Batam, Ahmad Dahlan dalam acara Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tingkat Kota Batam, Selasa (24/3) di Hotel Vista Batam. 

Selain jalan rusak, persoalan yang membelit masyarakat Batam adalah jeleknya sistem drainase. Kondisi itu membuat Batam masih belum bisa terbebas dari banjir di saat hujan turun. Kata dia, saat ini setidaknya ada 27 titik lokasi yang rawan banjir.

"Dari beberapa kecamatan yang ada, setidaknya ada 27 lokasi titik banjir," katanya. 

Karenanya, Dahlan meminta agar penanganan di daerah kawasan banjir, harus dilakukan secara terintergrasi, mulai dari hulu ke hilir. Menurutnya, semua permasalahan yang telah disampaikan saat musrenbang tingkat kelurahan dan kecamatan, mulai dari mainland hingga hinterland, masyarakat banyak mengeluhkan tentang ruas jalan dan juga tentang drainase.

"Kalau daerah mainland, permasalahannya ialah tentang ruas jalan. Saat ini, belum ditangani dengan maksimal, baik jalan lokal, strategis maupun jalan provinsi," katanya. 

Dalam musrenbang tersebut, Dahlan menyatakan bahwa masalah kebersihan lingkungan, menjadi prioritas Pemerintah Kota Batam. Hal itu terkait dengan pencemaran lingkungan dan pengelolaan sampah.

Agar kebersihan lingkungan bisa tercapai, lanjut dia, maka Pemko Batam sudah melakukan proses lelang untuk menentukan pihak swasta mana yang akan mengelola sampah dengan cara  bekerjasama dengan pemerintah.

Selanjutnya, Dahlan menyinggung persoalan rumah murah. Katanya,  Pemko Batam akan menyediakan rumah murah dan representatif di kawasan mainland. Hal itu bertujuan agar mengurangi biaya untuk tempat tinggal bagi masyarakat Batam.

"Saat ini, kebutuhan rusun (rumah susun) di Batam sekitar 756 twin blok, saat ini yang baru terbangun sekitar 73 twin blok. Hal ini, kami lakukan agar mengatasi rumah ilegal dengan cara melalui pembangunan rusun," paparnya.

Soal kemacetan dan transportasi, Dahlan berjanji, Pemko Batam akan menyediakan transportasi murah dan reprensetatif. Sementara itu, untuk di kawasan hinterland keluhan yang didapatinya antara lain, mengenai minimnya sarana infrastruktur dan aksesibilitas berupa transportasi laut.

"Untuk penyediaan listrik dan jaringan air bersih juga masih menjadi hal yang kerap dikeluhkan masyarakat hinterland," ujarnya. (hk/byu)



@



0 komentar:

Posting Komentar - Kembali ke Konten

Sepanjang 27,49 KM Jalan Di Batam Rusak