informasi berita layaknya sebuah koran yang ada di batam

PENAMBANG PASIR ILEGAL BATAM LARI TUNGGANG LANGGANG

Suasana Razia penambang pasir illegal
BATAM HARI INI - Tim Terpadu Pemerintah Kota Batam melakukan razia penertiban penambangan pasir darat ilegal di depan Perumahan Cipta Asri, Kelurahan Tembesi, Sagulung, Kamis (20/3) siang. Sebanyak 50 personil dikerahkan ke lokasi tambang. 
Mengetahui ada razia, para penambang pasir darat ilegal langsung lari berhamburan menyelamatkan diri. Mereka lari ke semak-semak yang terdapat di kawasan itu dan meninggalkan barang-barang seperti 6 unit pompa, 7 unit beko besar, cangkul dan lain-lain. 

Kepala Badan Pengendali Dampak Linkungan Daerah Kota Batam Dendi Purnomo yang ikut dalam razia itu mengatakan razia yang dilakukannya itu merupakan razia rutin. Ini karena banyak sekali laporan yang masuk terkait aktivitas tambang pasir darat ilegal ini. 

" Untuk mengecek kebenaran laporan itu, kita harus turun ke lokasi. Ternyata benar. Kerusakan lahan di kawasan ini sudah merata hingga mencapai 24 hektar tanpa ada izin apapun. Padahal, sebelumnya penambangan lahan ini masih 12 hektar, " ujarnya. 

Ia menduga razia yang dilakukannya sudah tercium oleh para penambang. Buktinya, ketika pihaknya turun ke lokasi sebagian penambang sudah tidak ada lagi. " Iya setelah kita periksa kelokasi, ternyata lahan yang mereka tambang sudah meluas hingga mencapai kerusakan 24 hektar. Padahal dulunya lahan ini masih mencapai 6 Hektar. Oleh karena itu kita serius menangani hal ini," terangnya. 

" Kita langsung menahan truk-truk tersebut dan 4 pompa besar dan beko untuk melakukan penyidikan sebagai barang bukti. Dan juga kalau memang mengangkut pasir tanpa izin akan diproses secara hukum," kata dia di lokasi kejadian.

Mengenai penertiban penambangan pasir di wilayah Teluk Mata Ikan, Nongsa, Dendi mengakui belum menetapkan tersangka. Alasannya, belum cukup bukti.  Padahal kejadian itu sudah hampir kurang lebih setahun.

" Memang sudah kita periksa dua pemiliknya. Namun belum bisa ditetapkan tersangkanya," timpalnya. (hk/cw71)



@



0 komentar:

Posting Komentar - Kembali ke Konten

PENAMBANG PASIR ILEGAL BATAM LARI TUNGGANG LANGGANG