informasi berita layaknya sebuah koran yang ada di batam

Mungkinkah Kepri Juara Umum MTQ XXV Tk. Nasional di Batam ?

Astaka MTQ Batam
BATAM HARI INI - Direktur Qur'an Center, Mahadi Rahman mengungkapkan, target Kepri untuk menjadi juara umum pada Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) XXV tingkat Nasional yang akan diselenggarakan di Batam pada Juni mendatang, cukup realistis.
Soalnya, kemampuan qori dan qoriah yang akan mewakili Kepri nanti cukup baik. Bahkan setara dengan kualitas nasional. Menurutnya, kualitas para qori dan qoriah tersebut terlihat jelas saat semuanya digembleng. Dan kini mereka tengah memperkuat daerahnya masing-masing pada MTQ V tingkat Provinsi Kepri di Tanjungbalai Karimun.

"Kita ingin para qori dan qoriah Kepri dapat berprestasi lebih baik dari MTQ Nasional sebelumnya. Ini juga sesuai dengan harapan Gubernur dan Wakil Gubernur Kepri serta masyarakat yakni Kepri tidak hanya sukses sebagai tuan rumah, sukses sebagai panitia, namun juga harus bisa meraih juara umum. Saya juga yakin, tahun ini Kepri akan keluar sebagai juara umum MTQ Nasional," ungkap Mahadi yang juga Penanggungjawab Persiapan kafilah Provinsi Kepri. 

Dijelaskan Mahadi, saat ini Qur'an Centre tengah menggodok sebanyak 45 qori dan qoriah yang siap berlomba dalam MTQ Nasional nanti. Mereka, papar Mahadi, dinilai mampu bersaing dengan peserta dari 34 provinsi lainnya. Bahkan, tambahnya lagi, Kepri memiliki peserta yang kemampuannya di atas rata-rata.

"Mereka ini memang disiapkan untuk MTQ Nasional. Namun, tidak semuanya akan terpilih mewakili Kepri. Sebab, proses penentuan nama-nama kafilah Kepri akan dimusyawarahkan usai MTQ V tingkat Provinsi Kepri," jelasnya lagi.

"Pokoknya mereka sudah kita siapkan secara matang. Setiap dua bulan mereka membuat simulasi sesuai cabang perlombaannya masing-masing. Ada tujuh cabang yang akan dilombakan diantaranya, Tilawah AlQur'an, Tahfiz AlQur'an, Kaligrafi AlQur'an, Syahril AlQur'an, Fahmil AlQur'an, Tafsir AlQur'an dan Mahir Membaca Al Qur'an (MMQ). Ada peserta Kepri yang kemampuannya di atas peserta lainnya. Dia adalah Andhika Pangestu. Kemampuannya membaca AlQur'an luar biasa," jelas Mahadi. 

Sementara, Tarmidi, Kepala Biro Kesra Pemprov Kepri mengutarakan, dilihat dari prestasi MTQ Nasional yang telah diikuti oleh Kepri, selalu ada peningkatan.

"Seperti kita ketahui, pada MTQ Nasional tahun 2006 di Kendari, Kepri meraih posisi ke-VIII. Dan dua tahun berikutnya yakni pada MTQ nasional tahun 2008 di Banten, Kepri meraih posisi VII. Dan pada tahun 2010 MTQ Nasional yang digelar di Bengkulu, Kepri meraih peringkat IV dari 34 provinsi se-Indonesia," urainya. 

"Prestasi Kepri naik lagi pada MTQ Nasional tahun 2012 di Ambon. Kepri meraih Juara III. Jadi tak berlebihan jika pada tahun ini, kita ingin raih juara umum," tambah Tarmizi.

Dukungan Masyarakat

Sementara itu, Gubernur Kepri, H Muhammad Sani dalam setiap kunjungan kerjanya ke daerah-daerah di Kepri, selalu meminta kepada masyarakat untuk mendoakan agar pelaksanaan MTQ Nasional yang akan digelar di Kota Batam, dapat berjalan lancar dan sukses. Gubernur juga selalu mengajak masyarakat di seluruh penjuru Kepri, agar bersama-sama ikut mensukseskan pelaksanaan MTQ Nasional Juni 2014 mendatang.

"Ada 34 Provinsi di Indonesia dan semuanya ingin menjadi tuan rumah MTQ Nasional. Dan kita mendapatkan kesempatan tahun ini. Iven ini diselenggarakan 2 tahun sekali. Kalau setelah ini kita ingin menjadi tuan rumah lagi, tentu sesuai urutan, harus menunggu 68 tahun mendatang," jelasnya saat belum lama ini.

Oleh sebab itu, tambah Sani, Kepri tidak akan menyia-nyiakan kesempatan sebagai penyelengara MTQ Nasional 2014 ini. "Provinsi Kepri harus sukses dalam pelaksanaan MTQ Nasional ini," harap Gubernur lagi.

Ia juga mengatakan, saat rapat dengan Menteri Koordinator Kesejahteraan Rakyat (Menko Kesra) dan Menteri Agama RI di Jakarta belum lama ini, penyelenggaraan MTQ Nasional di Kepri diminta bisa menjadi acuan dan menjadi contoh penyelenggaraan MTQ Nasional selanjutnya.

"Oleh karena itu, mari kita sukseskan MTQ ini bersama-sama. Tidak bisa hadir, bantu lewat doa. Ini sudah sangat berarti dan sangat membantu," kata Sani. 

Di tempat terpisah, Wakil Menteri Agama (Wamenag) RI, Nasaruddin Umar menyatakan, Kepri harus tampil sebagai juara umum pada MTQ Nasional tahun ini. Menurutnya, target itu bukan mengada-ada, karena Kepri memiliki peluang dan modal besar untuk meraihnya. Selain sebagai tuan rumah, Kepri juga hanya kalah angka tipis dari DKI Jakarta pada perebutan gelar juara umum pada MTQ Nasional XXIV di Ambon, Maluku tahun 2012 lalu.

"Dengan melejitnya Kepri pada MTQ Nasional sebelumnya, tentunya pada pelaksanaan MTQ tahun ini diyakini mampu merebut juara umum, karena hanya selisih satu angka saja dengan juara umum saat itu," ucap Nasaruddin ketika membuka MTQ V Provinsi Kepri di Coastal Area, Tanjungbalai Karimun, Jumat (21/3) malam. (HK/sut)



@



0 komentar:

Posting Komentar - Kembali ke Konten

Mungkinkah Kepri Juara Umum MTQ XXV Tk. Nasional di Batam ?