informasi berita layaknya sebuah koran yang ada di batam

Menanti Kafilah MTQ Kepulauan Kepri

Astaka MTQ Batam
BATAM HARI INI- Pemusatan latihan bagi qori dan qoriah Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) yang akan ikut MTQ XXV tingkat Nasional nanti akan difokuskan di dua tempat yakni di Asrama Haji, Batam Centre dan di Qur'an Centre, Sekupang Batam.
"Dua tempat ini dinilai sangat nyaman untuk para kafilah. Terkait siapa yang akan dipilih mewakili Kepri pada MTQ Nasional nanti, akan ditentukan usai MTQ V tingkat Provinsi Kepri," ucap Mahadi Rahman, Direktur Qur'an Centre Batam yang juga penanggungjawab persiapan kafilah Provinsi Kepri. 

Untuk menentukan siapa yang akan terpilih, ucap Mahadi, juga akan dirapatkan dengan Gubernur dan Wakil Gubernur Kepri serta Kementrian Agama Kepri.

"Keputusan siapa yang akan menjadi kafilah Kepri akan diputuskan bersama. Yang pasti, mereka yang akan mewakili Kepri adalah kafilah yang benar-benar punya kemampuan, kualitas, dan bisa membawa kebanggaan bagi Kepri. Kita berharap, mereka yang ditetapkan nanti, adalah pilihan yang terbaik untuk masyarakat Kepri," papar Mahadi lagi.

Secara gamlang Mahadi juga mengungkapkan, mesti belum ditetapkan siapa orangnya, namun sudah ada bibit-bibit berbakat yang dibina selama satu tahun sebelum MTQ Nasional digelar. Jumlah calon kafilah yang dibina tersebut 45 orang.

"Mereka ini memang disiapkan untuk MTQ Nasional. Namun, tidak semuanya mutlak akan terpilih menjadi utusan Kepri. Sebab, proses penentuan nama-nama kafilah Kepri baru dilakukan usai pelaksaan MTQ Tingkat Provinsi Kepri," jelasnya lagi seraya menambahkan jika panitia seleksi dari Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Provinsi Kepri akan melakukan pendataan nama-nama calon kafilah Kepri untuk selanjutnya diuji.

"Jadi, qori dan qoriah yang kita bina, tidak mutlak jadi utusan Kepri. Begitu juga juara di MTQ Kepri, tidak juga mutlak menjadi utusan Kepri pada MTQ Nasional nanti. Karena, mereka akan diseleksi tim sebelum ditetapkan nama-namanya," ujarnya.

Ditambahkan Mahadi, pengujinya nanti akan didatangkan dari luar Kepri. Penguji tersebut adalah pelatih atau hakim berstandar nasional. Sehingga, hasil seleksi tersebut benar-benar memilih qori-qoriah berstandar nasional.

"Keputusan finalnya ada di LPTQ. Kita akan undang Pak Gubernur dan Wakil Gubernur guna melihat langsung seleksi nanti. Biasanya, dari 45 qori qoriah yang sudah dibina setahun belakangan ini, banyak yang lolos seleksi. Setelah kafilah Kepri terpilih, mereka akan mengikuti training centre (TC) secara intensif untuk mematangkan kemampuan masing-masing," tambahnya lagi.

Kini para qori dan qoriah yang selama ini digmbleng oleh Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Provinsi Kepri dikembalikan ke daerah asalnya masing-masing untuk memperkuat daerahnya pada MTQ V tingkat Provinsi Kepri di Tanjungbalai Karimun. (hk/sut)



@



0 komentar:

Posting Komentar - Kembali ke Konten

Menanti Kafilah MTQ Kepulauan Kepri