informasi berita layaknya sebuah koran yang ada di batam

KPU Batam Gagal Selenggarakan Pemilu ?

Kantor KPU Batam
BATAM HARI INI - Ketua Kelompok Studi Mahasiswa Pemantau Pemilu Bersih Batam, Jhon Andreas Purba, menilai Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Batam gagal melaksanakan pemilu di Batam.

"Pascapencoblosan surat suara pada Rabu, 9 April 2014 kemarin, banyak kericuhan yang terjadi merupakan salah satu bukti kegagalan KPU Kota Batam dalam melenggarakan pemilu yang bersih. KPU Batam harus bertanggungjawab atas kericuhan yang terjadi saat ini," kata Jhon, Sabtu (19/4/2014) siang.

Jhon mengatakan, pleno rekapitulasi perolehan suara di tingkat PPS hingga kini masih banyak yang belum tuntas. Bahkan, disinyalir terjadi praktik "dagang sapi" antara penyelenggara dengan kandidat legislatif.

Hal ini, katanya, melihat pelaksanaan pleno yang sangat lama dan tak transparan di tingkat PPS yang berlangsung tanpa akses publik. Padahal, hasil pleno itu harusnya dapat diketahui oleh publik. Namun kenyataanya, penyelenggara Pemilu terkesan menyembunyikan informasi tersebut ke publik.

"Harusnya hasil pleno itu ditempel di papan pengumuman. Yang terjadi saat ini, yang dapat mengetahui hasil pleno hanya saksi partai dan saksi DPD RI. Terus, caleg bagaimana mau tahu hasil suaranya?" ujarnya dengan nada bertanya.

Terkait ketidaktransparanan hasil pleno tersebut, kata Jhon, patut diduga ada indikasi permainan di dalamnya. Terjadinya kekisruhan itu pun, katanya, didasari banyaknya penyimpangan suara setelah pleno dengan data C-1 yang didapat caleg dari saksi-saknya di TPS.

Tak hanya itu, Jhon juga menduga pelaksanaan pleno di tingkat PPS memakan banyak waktu terindikasi ada kesengajaan, supaya penyelenggara pemilu dapat menyetel perolehan suara. Sebab, program yang pernah disampaikan oleh KPU Batam menggunakan pola 1 hari di TPS - 3 hari di PPS - 4 hari di PPK gagal total.

"Kita tak mau kericuhan ini terus terjadi. Ketua KPU Batam dan komisioner lainnya harus dicopot. Kami akan laporkan mereka ke Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) RI," ujar Ketua Kelompok Studi Mahasiswa Pemantau Pemilu Bersih Batam itu.

Editor: Dodo/Batamtoday




@



0 komentar:

Posting Komentar - Kembali ke Konten

KPU Batam Gagal Selenggarakan Pemilu ?